Wahai Muslimah...Jangan Terima Lamaran Pria Perokok Ya !!! Berikut Alasannya

Jika Dilamar Pria Perokok, Jangan Terima! Ini Penjelasannya

Jika ada pria perokok yang melamar, apakah boleh diterima. Terus terang, hampir semua wanita keberatan punya suami perokok. Tapi… sementara ini, dia yang serius maju. Apa ada pertimbangan lain.
Ana Nur
Wahai Muslimah...Jangan Terima Lamaran Pria Perokok Ya !!! Berikut Alasannya

Jawab:

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Sebagaimana lelaki disarankan untuk memilih calon istri yang solihah, wanita juga disarankan untuk memilih calon suami yang solih. Karena predikat ini menyangkut kebahagiaannya di masa mendatang, selama dia mengarungi bahtera rumah tangga.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menggambarkan, orang yang asal-asalan dalam memilih jodoh, adalah orang yang celaka.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا ، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

“Umumnya wanita itu dinikahi karena 4 pertimbangan: hartanya, nasabnya, parasnya, dan agamanya. Pilihlah yang memiliki agama, jika tidak kamu celaka.” (HR. Bukhari 5090, Muslim 3708, dan yang lainnya).

Kalimat dalam hadis: ‘Taribat yadaka’ yang jika diterjemahkan tekstual berarti, ‘Kamu melumuri tanganmu dengan tanah’ artinya kamu akan terhina, sengsara.

Ada pelajaran menarik yang disampaikan an-Nawawi ketika menjelaskan hadis ini,

وفي هذا الحديث الحث على مصاحبة أهل الدين في كل شيء لأن صاحبهم يستفيد من أخلاقهم وبركتهم وحسن طرائقهم ويأمن المفسدة من جهتهم

Dalam hadis ini, terdapat anjuran untuk memilih teman hidup yang agamanya baik dan semua perilakunya. Karena yang menjadi pendampingnya akan mendapatkan manfaat dari akhlaknya yang baik, keberkahannya, dan perilakunya yang indah. Serta minimal, dia bisa merasa aman dari kerusakan yang ditimbulkan temannya. (Syarh Shahih Muslim, 10/52)

Dari tinjauan kesehatan, Ini Bahaya Rokok Bagi Kesuburan Pria dan Wanita
Bahaya rokok tidak hanya menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung dan paru-paru. Rokok juga berbahaya bagi kesuburan pria dan wanita. Bahkan rokok menyumbang tingkat infertilitas sebesar 15-20%. Bagaimana bahaya rokok bagi kesuburan pria dan wanita? Ini, bahaya rokok bagi kesuburan pria dan wanita.

Rokok mengandung ribuan zat yang berbahaya didalamnya. Setidaknya ada lebih dari 4000 zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok. Kandungan zat berbahaya inilah yang berbahaya bagi kesuburan pria dan wanita.

Berikut bagaimana rokok berbahaya bagi kesuburan pria dan wanita:
Kandungan zat berbahaya dalam rokok dapat menurunkan kuantitas sel sperma atau menurunkan jumlah sel sperma yang diproduksi. Menurut Dr. Noroyono Wibowo, SpOG (K) selaku Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesi (POGI), pria yang merokok 12 batang sehari, maka kwalitas spermanya akan turun hingga 42%. Kwalitas sperma yang buruk akan menyebabkan kesulitan dalam memperoleh keturunan.

Selain menurunkan kuantitas, mobilitas sel sperma juga ikut menurun. Hal ini disebabkan karena kemampuan gerak atau mobilitas sel sperma dalam bergerak cepat dan membuahi sel telur juga ikut menurun akibat kandungan zat berbahaya dalam rokok. Hasil penelitian menujukkan terjadi penurunan mobilitas sperma sebesar 13% pada perokok aktif.
Selain menurunkan kuantitas dan mobilitas sperma, rokok juga meningkatkan jumlah sel sperma abnormal dalam tubuh yang pada akhirnya mempengaruhi tingkat kesuburan atau fertilitas seseorang.
Tidak hanya terjadi pada pria dengan mempengaruhi sel sperma, bahaya rokok juga terjadi pada wanita. Hasil penelitian menunjukkan 60% wanita perokok mengalami infertilitas.

Kandungan berbagai racun dan zat kimia berbahaya dalam rokok, merusak sel telur dan mempengaruhi tingkat kesuburan atau infertilitas. Dimana perokok wanita beresiko 60% mengalami infertilitas dibanding bukan perokok.

Selain merusak sel telur, rokok juga meningkatkan resiko mengalami keguguran dan kehamilan ektopik (hamil diluar kandungan) yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan

Rokok juga sangat berpotensi menyebabkan kanker serviks pada wanita. Zat berbahaya dalam rokok dapat mencapai leher rahim, menyebabkan kerusakan pada leher rahim dan memicu munculnya kanker leher rahim atau kanker serviks. Dimana untuk mengatasi dan mengobati kanker serviks ini biasanya dilakukan dengan pembedahan dan pengangkatan rahim dan juga saluran telur. Ini artinya jika rahim dan saluran telur diangkat, kemungkinan besar wanita akan mengalami kemandulan atau infertilitas permanen.

Itulah bahaya rokok bagi kesuburan pria dan wanita. Jika Anda tidak ingin kesuburan Anda dan pasangan terganggu, segera hentikan kebiasaan merokok yang sering Anda lakukan. 

Ketika anda menikah, berapa lama anda akan bersama pasangan anda?

Tentu semua berharap, pernikahan ini langgeng sampai akhir hayat. Sehingga suami, maupun istri diharapkan bisa menjadi teman hidup abadi di dunia.

Apa yang bisa anda bayangkan, ketika selama perjalanan yang tanpa batas itu, anda ditemani manusia yang sangat tidak anda sukai karakternya? Memiliki kebiasaan yang sangat mengganggu diri anda.

Membuat polusi rumah anda..
Posisi anda menjadi korban perokok pasif…
Belum lagi anak anda yang sangat mungkin jadi korban sejak bayi…
Bajunya, bau tembakau
Mulutnya, bau nikotin
Nafasnya, bau arap rokok…
Di mana istri akan bisa mendapatkan kenyamanan jika ditemani lelaki semacam ini?
Dan seperti yang anda sampaikan, wanita mana yang suka dengan pasangan perokok..

Setidaknya, apa yang dinyatakan Imam an-Nawawi di bagian akhir, tidak terpenuhi, “merasa aman dari kerusakan yang ditimbulkan temannya.”

Padahal rokok semua isinya merusak!
Tapi istri dipaksa untuk toleran dengan segala dampak buruk rokok suami.
Ketika dilarang, dia
marah… lebih membela rokok dari pada keluarganya.
Perokok hanya bisa dimengerti dan tidak pernah mau mengerti…
Kecuali jika istri suka latihan tahan nafas ketika bersama suaminya.

Kami tidak membahas dari sudut pandang hukum rokok. Karena tidak ada perokok yang bersedia ketika disebut bahwa rokok itu haram. Pecandu yang haram, dia orang fasik. Dan tidak selayaknya, seorang muslimah memiliki suami yang fasik. Allahu a’lam. 

Semoga bermanfaat... jangan lupa bagikan info ini ke muslimah yang lain.....

Sumber: (konsultasisyariah)
Previous
Next Post »