Apakah Suami Istri Kembali Bersatu Di Surga Kelak? Inilah Jawabannya


klik bagikan - Apakah suami istri akan kembali bersatu di surga kelak?. Pertanyaan ini sering muncul dari para anggota keluarga yang merasa takut tidak akan bertemu keluarganya lagi di akhirat. Rasa takut akan berpisah dari keluarga membuat beberapa orang ingin berkumpul dengan keluarganya di akhirat kelak, yakni di surga. Lalu apakah bisa mereka masih bersatu lagi di akhirat?

Seorang istri kelak akan bersatu kembali bersama suaminya di surga nanti, terlebih mereka akan berkumpul dengan anak cucu dan keturunannya selagi keluarganya beragama Islam. Sebuah dalil menjelaskan bahwa Allah akan mempertemukan anak cucu dengan orang tertuanya di dalam surga kelak.

Doa malaikat juga mencerminkan hal ini, yakni dengan penjelasan bahwa umat muslim akan dimasukkan ke dalam surga ‘Adn bersama orang shaleh di antara nenek moyang, istri-istri, suami-suami, anak keturunannya.

Ibnu Katsir menjelaskan bahwa Allah akan mempersatukan umat muslim dengan anak keturunannya untuk menyejukkan pandangan karena kedudukan yang saling berdekatan. Seperti dalam kehidupan dunia ini, pasti kita akan merasa nyaman jika berada di dekat keluarga.

Allah akan menyamakan kedudukan mereka agar tenang. Apabila terdapat di antara mereka yang memiliki kebajikan lebih tinggi, maka Allah tidak akan mengurangi kedudukannya hingga setara melainkan Allah akan meninggikan kedudukan orang lain agar bisa setara. Sungguh besar karunia Allah dan kenikmatan-Nya pada kita.

Ketika seorang hamba masuk ke dalam surga, ia bertanya dimanakah bapaknya, ibunya, suami atau istrinya, anak dan cucunya. Kemudian dijawablah bahwa keluarganya itu tidak memiliki kebajikan yang setara dengan hamba tersebut sehingga mereka berada di tempat yang berbeda. Hamba itu kemudian menjawab bahwa kebajikan yang ia miliki adalah untuknya dan keluarganya maka dipertemukanlah ia dengan keluarganya dengan kedudukan yang setara.

Pembahasan apakah suami istri kembali bersatu di surga kelak menunjukkan bahwa benar jika seorang istri berkumpul kembali dengan suami dan keluarganya di surga. Meskipun demikian, terdapat pendapat lain yang mengatakan jika seorang hamba yang dimasukkan ke dalam surga maka iri hati dan dengki akan dihapuskan di dalam hatinya sehingga mereka memilih untuk berpisah daripada bersatu lagi dengan keluarganya.

Pendapat ketiga mengatakan bahwa apabila seorang wanita belum menikah semasa hidupnya, maka Allah akan memberikan laki-laki terbaik sebagai jodohnya di dalam surga, begitu juga dengan laki-laki yang belum pernah menikah. Semua itu adalah kenikmatan yang diberikan oleh Allah pada para penghuni surga sehingga tidak ada seorang hamba pun yang lajang di dalam surga. Inilah maksud dari suami dan istri akan berkumpul kembali.

Selama hidup, pastilah semua orang tidak ingin berpisah dengan keluarganya. Tinggal bersama keluarga akan memberikan kenyamanan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ketakutan besar bagi seseorang untuk berpisah dari orang tersayangnya. Namun, apa daya jika Allah telah berkehendak untuk memisahkan hambanya dari hamba lain.

Sebagai seorang hamba, kita harus percaya bahwa takdir Allah lebih baik daripada sekedar kehendak kita karena Allah mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Bersatu atau tidaknya kita dengan keluarga di hari kelak tidak lebih penting dari bersatunya kita dengan Rasulullah SAW sebagai umatnya. Namun, tak ada salahnya jika kita memohon dan berdoa kepada Allah untuk menyatukan keluarga dalam ridho Allah. Tak ada yang mustahil jika Allah berkehendak. Demikianlah jawaban atas pertanyaan apakah suami istri kembali bersatu di surga kelak.

Sumber: Kumpulanmisteri.com
Previous
Next Post »