Subhanallah! Ternyata Beginilah Bentuk Asli Malaikat Jibril

IKLAN
IKLAN

Muncul dengan sayap berjumlah enam ratus, beginilah wujud asli malaikat Jibril yang pernah disaksikan oleh nabi Muhammad SAW. Meski begitu, malaikat Jibril yang memiliki julukin Ruh Al-Amin maupun Ruhul ‘qudus lebih sering muncul dengan wujudnya sebagai manusia biasa.

Tugas utama malaikat Jibril yang diberikan langsung oleh Allah SWT adalah sebagai penyampai wahyu dan sebagai malaikat yang bertugas untuk membawa rezeki bagi manusia. Bentuk asli malaikat Jibril amat jarang ia tunjukkan kepada manusia meskipun ia sempat disebut sebanyak dua kali di Al-Qur’an, yaitu pada surat At Tahrim ayat 4 dan di surat Al Baqarah aya 97 dan ayat 98. Malaikat Jibril sendiri sering disebut sebagai Ar-Ruh Al-Amin atau juga Ruh al Qudus. Sebutan yang paling sering digunakan ialah Ruhul’qudus yang berarti roh kudus.

Bentuk dari Ruhul’qudus yang sejati sendiri sempat dipaparkan pada sebuah kisah tentang masa dimana Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu dari Allah SWT untuk kali kedua. Pada saat itu, nabi Muhammad SAW memiliki tuntutan untuk secara langsung bisa bertemu atau melihat bentuk asli dari malaikat yang sudah diutus oleh Allah SWT sebagai penyampai wahyu. Hal ini dikarenakan berkali-kali nabi Muhammad SAW bertemu dengan malaikat Jibril tapi tiap kali itu juga selalu dalam bentuk manusia, bentuk samaran malaikat Jibril yang paling sering ia tunjukkan.

 Ruhul’qudus setuju dan ia menunjukkan bentuk aslinya, yaitu wujud dengan sayap yang membentang dari barat hingga timur dan jumlahnya yang tidak sedikit yaitu 600 helai. Busana yang dikenakan oleh malaikat Jibril juga berwarna putih, seputih mutiara dan rupa yang amat rupawan. Beginilah wujud asli malaikat Jibril yang ditunjukkan pada hadapan nabi Muhammad SAW. Hal ini ditambah lagi dengan kekuatan dari malaikat Jibril sendiri yang dipercaya penuh mukjizat atau keajaiban yang luar biasa dahsyatnya.

Beginilah Wujud Asli Malaikat Jibril dan Malaikat-Malaikat Lainnya di Dalam Al-Qur’an

Wujud asli dari para malaikat ciptaan Allah tidak akan bisa dilihat oleh manusia jika tanpa kehendak Allah SWT. Hal ini dikarenakan manusia tercipta dari tanah liat yang membuatnya tidak mungkin untuk melihat malaikat yang sepenuhnya terbuat dari cahaya. Bahkan nabi Muhammad SAW yang pernah melihat wujud asli malaikat Jibril hanya pernah melihatnya dua kali. Hal ini ditegaskan di dalam Al-Qur’an, tepatnya di surat An-Najm ayat 13 bahwa nabi Muhammad SAW pernah melihat wujud asli Ruhul’qudus yang memiliki 600 sayap selain ketika ia meminta untuk melihatnya pada saat wahyu kedua diturunkan oleh Allah SWT ke hadapannya.

Selain Jibril, ternyata banyak diceritakan dalam berbagai hadist dan kisah tentang malaikat-malaikat lain seperti malaikat Israfil yang mempunyai sayap jauh lebih banyak, yaitu sekitar 1200 helai. Setiap helai sayap yang dimiliki Israfil konon memiliki ukuran sebesar total sayap dari malaikat Jibril. 
 
Ada juga malaikat yang disebut dengan Hamalat al-‘Arsy yang ditugaskan oleh Allah SWT untuk mengangkut Arsy. Pada satu kisah diceritakan bahwa sayap yang dimiliki oleh Hamalat Al-‘Arsy berjumlah 2400 helai dan tiap helainya sebesar jumlah sayap malaikat Israfil, tapi ada juga yang menyebutkan bahwa malaikat tersebut diberikan 70.000 sayap dan kekuatan berbanding dengan 7.000 malaikat. Yang terakhir adalah Jibril dengan sayap membentang dari barat hingga timur berjumlah 600 helai.

Sumber: Kumpulanmisteri.com
IKLAN
loading...
loading...