Waspada! MEREBUS AIR BISA MENJADI RACUN? Ternyata HOAX; Ini Penjelasannya

IKLAN
IKLAN



Diantara teman teman mungkin ada yang pernah menerima broadcast seperti gambar di atas.
Lalu, apa yang anda pikirkan?
Bisa disebut itu berita hoax mirip dengan berita hoax lain, seperti halnya berita yang mengatakan bahwa air kemasan bisa menyebabkan diabetes.
Begitulah berita hoax, menyatakan hal-hal yang belum ada kepastian dan kebenarannya.
Jadi begini, betul memang jika air mentah yang direbus itu untuk menghilangkan kuman. Tapi, perlu diketahui bahwa pernyataan tentang perebusan air dapat mengubah susunan kimiawi itu tidak benar.  Dalam pernyataan itu mengatakan bahwa  “gas terlarut berubah menjadi mineral yang kalau direbus bersifat racun” yang menjadi pertanyaan di sini gas apa yang terlarut dan mineral apa yang menjadi racun apabila direbus? Padahal, gas itu mudah menguap sedangkan mineral tidak mudah menguap serta unsur kimia pembentuknya pun berbeda.

Dalam ilmu Kimia, perebusan air justru seharusnya membuat gas terlarut menjadi berkurang karena penguapan (tetapi gas terlarut yang dimaksudkan di pernyataan di atas tidak terdapat kejelasan, karena yang ada hanyalah oksigen yang terlarut).

Kemudian broadcast diatas menyebutkan garam kalsium menjadi berbahaya ketika dipanaskan. Sebenarnya, tanpa dipanaskan pun memang keberadaannya berbahaya untuk ginjal, sehingga dalam pemeriksaan kualitas air keberadaan kalsium juga di perhitungkan.
Selain itu, dalam broadcast juga tidak dijelaskan maksud air yang digunakan yang bagaimana dan seperti apa? Karena perlu diketahui bahwa tiap jenis air memiliki komposisi yang berbeda. Misalnya, air galon berbeda dengan air pipa, maupun air PAM.

Dan yang terakhir tentang kandungan Nitrat, dalam broadcast di atas menyatakan bahwa Nitrat berubah jadi nitrosamin ketika merebus kembali air yang sudah direbus. Hal ini jelas dikatakan Hoax, karena pembentuk nitrosamin itu adalah nitrit, itu pun kalau nitrat bertemu dengan gugus amin sekunder seperti yang biasa terdapat pada protein/asam amino semisal dengan daging. Nah, kalau hanya bertemu dengan air, gimana ceritanya bisa jadi nitrosamin??

Jadi sebelum kita percaya terhadap berita yang masih ‘dipertanyakan’ lebih baik kita mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu, agar kita tidak menjadi salah satu korban ketidakbenaran suatu berita yang mengakibatkan memberi trauma dan kerugian terhadap kita.

Klik SHARE bila anda setuju dengan artikel ini.
IKLAN
loading...
loading...