Tips bakar ayam untuk malam Tahun Baru

IKLAN
IKLAN
https://tolongsebarkanlah.blogspot.com/

TOLONG DISEBARKAN - Persiapkan malam Tahun Baru bersama keluarga tercinta dengan berbagai menu barbecue alias bakar-bakaran yang lezat. Namun, sebelum mengolahnya, perhatikan beberapa tips.
 
Malam Tahun Baru lekat dengan momen kumpul keluarga. Dan, yang tidak pernah terlewatkan adalah makan bersama hidangan barbecue, baik ayam, daging, jagung, sosis, dan sebagainya. Persiapkan segala kebutuhan barbecue agar hasilnya tidak mengecewakan.
 
Bara tidak cukup panas untuk membakar, daging ayam hangus, bumbu tidak meresap adalah sedikit ‘kecelakaan’ membuat menu barbecue. Jika Anda pernah mengalaminya, cari tahu bagaimana melakukannya dengan benar jadi momen malam Tahun Baru tidak akan mengecewakan lantaran hidangan buruk.

Berikut tips dan trik mengolah barbecue, seperti dikutip dari Gearpatrol:

Waktu untuk marinasi
 
Marinasi atau merendam ayam dengan bumbu bakaran bermanfaat menambah rasa lebih meresap. Selain itu, marinasi dengan bumbu-bumbu berasa asam mampu melindungi daging terhadap heterocyclic amines (HCA), karsinogen yang paling sering muncul pada pengolahan unggas, daging merah, atau ikan di atas api terbuka. Gunakan cuka atau air perasan jeruk lemon untuk bumbu marinasi lalu biarkan daging ayam direndam selama setidaknya beberapa jam sebelum membakarnya.


Temperatur daging
 
Jangan langsung membakar daging ayam yang telah dimarinasi dan dimasukkan dalam kulkas. Biarkan dahulu daging sekira 20 menit untuk menyamakan daging dengan suhu ruangan sehingga siap untuk dibakar.


Cegah lengket
 
Untuk mencegah makanan lengket, olesi minyak goreng pada alat pembakar. Cara lain, Anda bisa menggunakan sepasang penjepit untuk handuk kertas yang telah dibasahi minyak goreng. Gunakan sebagai olesan selama Anda membakar daging ayam. Alternatifnya adalah dengan olesi daging dengan minyak zaitun serta bumbui dengan garam laut.


Beri jarak
 
Jangan menempatkan daging ayam saling berdekatan dengan menu bakaran lainnya. Beri ruang sehingga Anda akan mudah membolak-balikkan semuanya. Pastikan juga ada area kecil yang tidak terlalu panas untuk menempatkan menu bakaran yang mulai matang.


Jauhkan dari tangan
 
Setelah Anda menaruh makanan di panggangan, jangan lagi menyentuhnya. Biarkan berada di panggangan selama beberapa menit untuk mendapatkan hasil bakaran yang baik. Jangan membolak-balikkan daging, cukup sekali.


Hindari gosong
 
Aturan utama memasak apapun adalah, lebih baik kurang matang daripada gosong. Jika Anda tidak yakin apakah daging ayam yang dibakar telah cukup waktu, angkat lalu potong. Kalau masih kurang matang, bakar kembali. Anda dapat menaruh makanan kurang matang kembali di atas panggangan untuk melanjutkan memasak, tidak demikian halnya ketika sudah gosong.


Jangan pakai saus instan
 
Saus instan tidak pas untuk menu bakaran. Jadi, hindari menggunakan saus instan untuk marinasi makanan yang akan dibakar. Pasalnya, saus instan mengandung banyak gula. Inilah yang menyebabkan menu bakaran mudah gosong saat dimarinasi ataupun diolesi saus instan. (tolongsebarkan/depoknwes)


BACA JUGA :
IKLAN
loading...
loading...