Resep EsKrim Tradisional Rasa Coklat Lembut dan Sederhana

https://tolongsebarkanlah.blogspot.com/

MOHON DISEBARKAN - Resep Cara Membuat EsKrim Coklat Sendiri Di Rumah Es krim yummyy, Siapa sih yang tak suka dengan makanan yang lembut dan super enak ini? Dari kecil hingga yang muda dan tua sangat menyukainya. Aneh bila ada yang tak suka es krim.
Di masa lalu Es krim sendiri merupakan makanan mewah yang hanya dapat disajikan di acara-acara khusus tersebut. Di masa tersebut, membuat es krim sangat merepotkan. Karena untuk membuatnya diperlukan es dari sebuah danau atau kolam yang membeku di musim dingin.

Lalu diambil dan dipotong dalam tumpukan jerami, lubang di tanah, atau tempat manapun dimana es tersebut tidak cepat mencair. Di tempat itulah es disimpan untuk digunakan selama musim panas nanti.


Untungnya di zaman sekarang, es krim sudah dapat dengan mudah untuk kita jumpai. Harganya pun berkisar dari yang murah sampai yang mahal. Tergantung dengan budget yang kita miliki, hanya Rp 5.000 saja kita sudah bisa membeli es krim siap saji di supermarket terdekat kalian. Tapi beda cerita jika kalian ingin membuat es krim sendiri.

Sejarah Asal Mula Es Krim

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai bahan yang harus dipersiapkan, kita simak dulu sejarah es krim lebih lanjut berikut ini. Ada yang bilang es krim ditemukan oleh orang Cina sekitar tahun 700 masehi. Kaisar Tang dari Dinasti Shang adalah seorang penggemar kuliner.
Pada saat itu beliau bertanya kepada koki istana untuk membuat es krim dari campuran salju.


Kisah yang lain juga mengatakan bahwa es krim datang ketika adanya hubungan perdagangan antara China dan Italia. Marcopolo, sang penjelajah laut membawa resep es krim ke negaranya sendiri. Berbeda dengan resep asli, gaya es krim Italia dikombinasikan dengan sirup dan campuran es. Gaya es krim italia kemudian dinikmati oleh kaum bangsawan dari Eropa dan menyebar ke seluruh dunia.
Di Amerika, es krim baru populer di abad ke-19, seiring dengan penemuan mesin pembuat es krim. Istilah es krim sendiri berasal dari koloni Amerika, yang artinya adalah fase menjejalkan es.
Di Indonesia, es krim dibawa oleh Penjajah kolonial Belanda yang di kenal sebagai es krim Saloon. Es krim Saloon  adalah yang pertama berdiri dan tentunya hanya dapat dinikmati di kota-kota besar. Pada zaman itu es krim adalah panganan mewah dan mahal, dan kebanyakan hanya Belanda yang dapat menikmatinya.


Cara membuat Es Krim Coklat yang lembut ini tergolong cukup sederhana dan mudah karena cara membuat ice creamnya tanpa mesin . Kalian bisa membuatnya di rumah.

Daripada membelinya, memakan hasil buatan sendiri di rumah terasa lebih enak dan nikmat. Cara pembuatan es krim coklat berikut ini:
Bahan yang diperlukan dalam pembuatan Resep Es Krim Coklat: 

Berikut ini bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat es krim coklat. Cukup mudah dan simple.:-)
  • 1/4 kg gula pasir
  • 1/2 liter susu
  • 3 butir telur ayam
  • 3 sdm bubuk cokelat 
  • garam dan vanili secukupnya

Cara membuat Resep Ice Cream Coklat Tanpa Mesin:

Cara membuat es krim coklat disini saya gunakan tanpa mesin lho ya. Hal ini dimaksudkan agar pemula yang baru belajar memasak dapat mengikuti step by step dengan mudah.

https://tolongsebarkanlah.blogspot.com/

  1. Pisahkan telur antara kuning dan putihnya. Ambil kuning telur, kemudian campurkan kuning telur dengan gula, lalu aduk dengan mixer hingga mengembang
     Resep Cara Membuat Es Krim Tradisional Rasa Coklat Lembut dan Sederhana
  2. Setelah itu, putih telur dicampur dengan vanili dan garam secukupnya, aduk kembali sampai tercampur rata dan mengembang.
  3. Campurkan adonan 1 dengan adonan 2 tadi dan masak sampai mendidih sambil di aduk terus menerus. Larutkan coklat dengan susu kemudian masukkan ke dalam adonan yang telah mendidih. Aduk terus sampai benar-benar mengental, lalu angkat dan biarkan mendingin.
Setelah dingin, masukkan kedalam frezeer agar Es Krim Cup ini bertambah lembut dan nikmat. Selamat Mencoba Resep Ice Cream ini Resep EsKrim Tradisional Rasa Coklat Lembut dan Sederhana

Tips Membuat Es Krim Sendiri

 Berikut ini tips cara membuat es krim agar es krim yang kalian buat berhasil :D

  1. Mangkuk yang sudah isi oleh es krim harus disimpan ke dalam freezer dan dibungkus erat dalam kantong plastik. Biasanya memakan waktu setidaknya 24 jam.
  2. Untuk mencegah pembentukan kristal es, tutupi permukaan dengan lapisan plasik atau kertas lilin sebelum wadah ditutup.
  3. Es krim buatan rumah sendiri akan tetap baik sampai seminggu. Setelah melewati seminggu, es krim akan mulai kehilangan rasa dan tekstur lembutnya. Disarankan makan sebelum melewati batas seminggu.
     
  4. Tambahkan ekstrak (vanili, maple, almond, dll) untuk menambah citarasa pada es krim.

Manfaat Es Krim Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tidak perlu diragukan lagi es krim mempunyai banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.Es krim yang lembut kaya akan lemak, gula, fosfor, zinc, vitamin A, D, B12, asam amino dan asam pantotenat yang diantaranya dapat mencegah osteoporosis dan menurunkan tekanan darah. 

Kandungan susu didalamnya dapat merangsang air liur, mengurangi keasaman mulut, mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang.

https://tolongsebarkanlah.blogspot.com/


Selain itu, susu pada es krim juga dapat menetralisir racun seperti logam atau timah dalam makanan, mencegah terjadinya kanker usus, mempercantik kulit, serta membantu tidur lebih nyenyak. Dalam sehari, konsumsi es krim yang dianjurkan sekitar tiga porsi per hari (satu porsi es krim seberat 200 gram, atau setara 250 ml susu). 

Disarankan tidak terlalu banyak mengonsumsi es krim melebih porsi seharusnya dikarenakan kandungan gula dan lemak yang berlebih dapat menyebabkan obesitas. [resepkuekeringku/tolongsebarkan]
Previous
Next Post »