LUAR BIASA, INI 5 MANFAAT MENULIS BAGI PERKEMBANGAN OTAK YANG MUNGKIN PERNAH ANDA RASAKAN

IKLAN
IKLAN



Apa yang terlintas dalam benak kita ketika mendengar kata menulis secara manual (menggunakan tangan)? Sebagian pasti ada yang berfikir bahwa menulis adalah kegiatan yang membosankan dan sulit. Ada juga yang mengatakan bahwa menulis hanya menyita waktu, tenaga dan pikiran. Padahal, apabila kita mau berpikir kritis, kita akan menemukan begitu banyak manfaat dari kegiatan menulis dengan tangan.



Tidak dapat dipungkiri, di zaman berkemajuan ini  sudah jarang orang  dewasa ataupun remaja yang menulis dengan tangan. Bahkan, seorang yang menyebut dirinya penulis pun kini lebih banyak  menulis dengan mengetik keyboard di komputer atau gadget. Sebagai contoh, membuat surat lamaran kerja ataupun surat-surat non resmi.



Skip,



Ya, menulis dengan pensil ataupun pulpen (pena), saat ini memang semakin jarang dilakukan. Mungkin saja, Anda yang membaca postingan ini pun termasuk orang yang mengeluh tulisan tangannya menjadi tak karuan, sebab jarang menggunakan tangan untuk menulis dikarenakan terbelenggu oleh rasa malas. Padahal menulis dengan menggunakan tangan itu menyenangkan dan menyehatkan untuk otak manusia.



Diantara manfaatnya antara lain:



1.      Memiliki efek menenangkan



Apabila Anda mendapatkan masalah, kemudian Anda menulis kalimat seperti, "Aku akan lebih damai" setidaknya 20 kali per hari benar-benar memiliki dampak positif dan dapat menenangkan bagi otak, terutama untuk orang-orang dengan gangguan defisit perhatian.



2.      Mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan
Menulis font klasik yang indah dapat membantu Anda dalam mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan. Cara ini tentu bisa membantu meningkatkan kemampuan otak Anda. Dengan adanya koordinasi otak kiri dan kanan, maka kerja otak akan menjadi maksimal.



3.      Meningkatkan keterampilan kognitif
Bagi anak-anak, menulis dengan tangan bisa menjadi alat dalam meningkatkan keterampilan kognitif.



4.      Meningkatkan kreativitas
Memainkan pena di atas kertas dapat mendorong Anda untuk menjadi lebih kreatif, karena itu akan menjadi proses yang lebih lambat dari sekedar mengetik sesuatu pada keyboard.



5.      Meningkatkan memori
Anda lebih sering menggunakan laptop untuk mencatat tugas karena merasa itu lebih cepat. Tetapi, bagaimana jika menulis dengan tangan benar-benar bisa membantu Anda untuk mengingat semua catatan Anda? Banyak psikolog percaya bahwa menulis sesuatu dengan tangan memiliki efek yang lebih tahan lama pada memori. Dan ini berlaku untuk orang dewasa dan anak-anak.

Inilah lima manfaat menulis dengan tangan untuk otak. Ada sejumlah studi yang menunjukkan bahwa selama masa perkembangan, anak-anak yang rajin menulis dengan tangan memiliki retensi memori yang lebih baik.



Salam semangat menulis!







Klik SHARE bila anda setuju dengan artikel ini.




IKLAN
loading...
loading...