Luar Biasa! 10 Makanan Ini Terbaik untuk Kesehatan Anda




Percaya kah anda? Apabila kita setiap hari mengkonsumsi makanan yang sehat, maka akan berdampak menyehatkan juga untuk tubuh kita. Bagaimana caranya? Tentu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asupan gizi dan energi yang mencukupi, sehingga segala kegiatan dan kesibukan akan bisa dijalankan secara maksimal.

Tentu dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan diimbangi pola makan yang baik, akan memberikan anda sebuah kualitas tubuh yang ideal. Karena kebanyakan orang sangat mendambakan bentuk tubuh yang ideal dan ini bisa anda jadikan trik dan tips untuk mendapatkan tubuh ideal. Tapi jangan salah, walaupun sudah mengkonsumsi makanan sehat, olahraga juga harus tetap dijalankan.
Perlu diingat! Apabila anda tidak mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan juga tidak rutin untuk melakukan olahraga, jangan bermimpi untuk mempunyai tubuh sehat ideal. Tentunya akan sulit sekali bagi anda jika kedua aktifitas sehat tersebut tidak anda jalankan dengan rutin dan konsisten.

Nah, oleh karena itu agar kita bisa rutin dan konsisten dalam proses membentuk tubuh sehat dan ideal, ada informasi nih tentang makanan-makanan sehat yang akan memberikan efek atau rasa kenyang yang cukup lama, jadi dengan mengkonsumsi makanan itu anda tidak harus membeli camilan yang tidak sehat dan tidak baik untuk berat badan anda apabila anda sedang menjalankan program diet. Sehingga kondisi di dalam perut akan terjaga.
Lalu makanan-makanan apa saja sih sebenarnya yang menyehatkan itu?? Simak penjelasan di bawah ini:

1.      Kedelai

Makanan sehat yang pertama ini adalah kedelai. Bagaimana bisa kedelai ya? Tahukah anda, ternyata kedelai mengandung banyak sekali omega 3, zat besi dan kalsium yang tentu saja sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Bagi para vegetarian, makanan ini sangat populer dan bisa dijadikan pengganti daging. Banyak produk yang bisa di buat dengan bahan dasar kedelai ini seperti misalkan saja tempe, tahu, kacang, saus, tepung, dan minuman sehat susu kedelai.

Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang banyak terdapat di Asia Timur. Mereka diklasifikasikan sebagai biji minyak. Kedelai dianggap sebagai protein lengkap karena adanya jumlah asam amino esensial. Manfaat kedelai ditemukan pada negara-negara seperti China dan Jepang, di mana masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kelenjar prostat.

Selain itu, manfaat kedelai bagi kesehatan tubuh antara lain sebagai antioksidan, mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah kanker, menjaga berat badan, dll.

2.      Gandum

Makanan yang di luaran sana cukup populer ini merupakan bisa saja di katakan sebagai berasnya orang luar sana dan bisa dijadikan makanan pokok alternatif dalam kehidupan. Gandum biasanya di gunakan sebagai bahan dasar dari roti, selain itu manfaat dari gandum juga bisa di gunakan sebagai makanan sehat untuk diet. Gandum sendiri di dalamnya terdapat vitamin B1, vitamin B3, vitamin E dan juga di perkaya serat. Selain itu, dengan mengkonsumsi gandum bisa mencegah diabetes, mengurangi peradangan kronis, mencegah batu empedu, kontrol obesitas, dan lain-lain.
  1. Ikan Salmon
Makanan sehat yang selanjutnya adalah makanan yang bisa kita dapatkan di laut, karena ikan salmon ini hidupnya di laut. Makanan sehat yang satu ini sangat erat kaitannya dengan seafood, karena ikan salmon bisa di katakan sebagai bahan seafood yang populer. Kandungan asam amino omega 3 yang sangat tinggi dan kandungan protein yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi ikan salmon merupakan makanan yang rendah akan kolestrol.
  1. Ubi
Makanan yang satu ini juga bisa di gunakan sebgai pengganti makanan pokok kita yaitu beras, karena orang jaman dulu juga pernah menjadikan ubi sebagai makanan pokok. Beberapa vitamin yang terkandung dalam makanan sehat ubi ini adalah vitamin A, B, E dan C. Selain itu ternyata ubi juga merupakan makanan sehat yang rendah akan kalori.
  1. Brokoli 
Makanan sehat yang satu ini adalah makanan yang tidak di sukai oleh anak-anak, padahal manfaat yang terkandung dalam brokoli ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa kandungan yang terdapat dalam brokoli adalah potassium, kalsium, vitamin C dan vitamin A. Jangan memasak brokoli terlalu matang agar kita mendapatkan manfaatnya lebih maksimal.
  1. Kacang Merah
Untuk urusan makanan yang kaya akan magnesium yang tinggi, zat besi, protein, serat, fosfor, mineral dan vitamin, kacang merah bisa di andalkan. Makanan sehat yang satu ini biasanya di jadikan camilan atau sup yang tentu rasanya sangat enak.

Kacang merah sangat kaya akan gizi yang membangun kesehatan tubuh. Kandungan asam folat, kalsium, karbohidrat dan berprotein tinggi menjadikan manfaat kacang merah sangat diperlukan tubuh. Karbohidrat kompleks dan kadar serat yang tinggi menyebabkan penurunan kolesterol dalam tubuh. Indeks kadar glikemik pada kacang merah juga menekan masalah gejala penyakit diabetes yang sering terjadi.Sumber karbohidrat kompleks terletak pada kacang merah.
  1. Sayur Bayam 
Kita tentunya sudah sangat familiar dengan sayur yang satu ini, pasalnya dengan mudah kita bisa mendapatkan sayur bayam ini disekitar kita. Ternyata makanan sehat sayur bayam ini sangat baik untuk rambut dan juga kandungan zat besi, magnesium, vitamin C dan A sangat baik untuk tubuh kita.
  1. Blueberry

Anda bisa memakan makanan sehat yang satu ini saat baru di petik atau dengan kata lain buah blueberry ini masih segar. Kandungan serat, antioksidan dan vitamin C baik untuk daya tahan tubuh. Selain itu, penelitian menunjukan bahwa blueberry mengurangi efek penuaan dalam jaringan syaraf.
  1. Kacang Almond
 Sebagai makanan sehat sumber serat dan protein, kacang almond di nilai sebagai makanan sehat yang pastinya sangat baik untuk tubuh kita. Selain kaya serat dan protein, kacang almond juga kaya akan vitamin E, magnesium dan juga zat besi. Jika anda sedang menjalankan program diat maka sebaiknya anda menghindari kacang almond yang sudah di oleh menjadi makanan manisan karena akan membuat program diat anda gagal.
  1. Buah Apel
Siapa ya yang belum pernah melihat buah yang satu ini? Pastilah semua pernah melihat. Buah yang di percaya sebagai buah penangkal penyakit kanker ini merupakan makanan sehat yang kaya akan vitamin C. Buah apel juga dapat memerangi potensi dari penyakit kolesterol dan jika anda ingin mendapatkan manfaat dari buah apel ini secara maksimal, sebaiknya jangan buang kulit dari apel tersebut.

Nah, sudah baca semua point makanan sehat di atas kan? Semoga ini menjadi pencerahan untuk anda yang berusaha menyehatkan tubuh dan menjadikan tubuh yang ideal.Ingat satu hal, makanan yang baik adalah makanan sehat yang mengandung protein yang banyak, tinggi serat dan di dalamnya terkandung kadar air yang tinggi. Apa bila makanan tersebut sudah memenuhi kriteria di atas, maka sebagian besar makanan sehat tersebut adalah makanan yang di dalamnya terdapat mineral dan vitamin yang sangat tinggi yang tentunya sangat baik juga untuk kesehatan tubuh kita.

Jadi intinya, sebenarnya sehat itu mudah. Hanya saja semua tergantung pada seberapa besar usaha anda untuk menjaga tubuh anda menjadi tetap sehat dan ideal.

Salam Sehat!
Previous
Next Post »