Ini 6 Tips Super Agar Presentasi Lebih Keren dan Tampil Percaya Diri!


Anda pernah presentasi atau menyampaikan pidato di depan umum? Bagaimana perasaan anda? Apakah dunia yang anda injak serasa berhenti? Ataukah rasanya ingin segera pergi sambil berlari? Mungkin itu yang dirasakan beberapa orang yang sedang melakukan presentasi di depan umum.

Wajar memang, bahwa meningkatkan percaya diri dalam presentasi, public speaking dan sesi berbicara di depan umum lainnya seperti menyampaikan pidato, sambutan atau ceramah merupakan hal yangtidak mudah untuk dilakukan dan pelatihannya pun membutuhkan proses yang tidak sebentar, namun jangan kuatir presentasi, pidato dan public speaking dapat dilakukan siapa saja termasuk Anda.

Berbicara di depan umum atau public speaking sering membuat orang gugup. Hal ini tidak saja terjadi buat Anda yang baru pertama kali tampil, namun juga menghinggapi orang-orang yang sudah terbiasa tampil melakukan presentasi atau public speaking dalam kadar tertentu.
Bahkan dalam sebuah survey pernah disebutkan orang lebih memilih mati daripada harus berbicara di depan umum atau melakukan public speaking. Ironis bukan?
Kabar baiknya, Anda bisa meningkatkan rasa percaya diri ini. Caranya mudah, semuanya terkait sikap mental Anda dalam membawakan presentasi maupun public speaking lainnya.
Berikut adalah beberapa tips yang ingin saya bagi buat Anda terutama untuk meningkatkan percaya diri dalam presentasi dan juga dapat Anda terapkan dalam bentuk public speaking lainnya.

1. Berpikiran positif
Rasa percaya diri kita hilang terutama karena berpikiran negatif. Kita khawatir nanti bos kita akan melihat kekurangan kita dalam presentasi. Kita khawatir kalau nanti tidak bisa membawakan dengan baik. Kita khawatir orang akan menertawakan kita. Kita khawatir kalau begini atau begitu.
Lantas, apakah kekhawatiran itu beralasan?
Tidak.
Kekhawatiran itu hanya ada di kepala Anda. Kita sendiri yang menciptakan berbagai kekhawatiran dan ketakutan ketika akan tampil di depan umum.
Seringkali kekhawatiran kita tidak beralasan. Oleh karena itu, buang jauh-jauh pikiran negatif dan ganti dengan pikiran positif.
Daripada membayangkan bos melihat kekurangan Anda dalam presentasi, mengapa tidak membayangkan dia akan terpukau dengan kemampuan Anda?
Daripada membayangkan orang-orang akan menertawakan Anda ketika tampil, mengapa tidak membayangkan mereka Akan kagum dan memberikan apresiasi tinggi?
Ingat, bayangan kita bisa menjadi kenyataan.
Ketika Anda berpikiran negatif, maka bayangan negatif itu terbawa dalam presentasi Anda dan akhirnya menjadi kenyataan.
Ketika Anda berpikiran positif, maka bayangan positif itu pun akan memancar dan membantu Anda tampil menawan dalam kenyataan.

2. Audiens ingin Anda sukses
Masih mirip dengan yang pertama, kita seringkali beranggapan audiens selalu melihat kekurangan kita. Kita merasa mereka selalu mencari-cari kesalahan dan akan senang jika kita melakukannya.
Ini anggapan yang sangat keliru.
Ingat, audiens ingin Anda sukses ketika tampil memberikan presentasi.
Tidak percaya?
Ini buktinya.
Buat apa mereka meyediakan waktu yang berharga untuk mendengarkan Anda?
Buat apa mereka mengorbankan pekerjaan untuk fokus menyaksikan presentasi Anda?
Tidak lain dan tidak bukan karena mereka perlu mendengarkan Anda. Mereka ingin Anda sukses.
Ya, audiens Anda ingin agar Anda sukses dan berhasil menyampaikan presentasi dengan baik. Ketika Anda menjelaskan dengan menarik, mereka Akan terbantu memahami pemaparan Anda.
Ketika Anda tampil memukau, mereka belajar tidak hanya dari materi yang Anda sampaikan, melainkan pula dari cara Anda membawakannya.
Ketika Anda sukses, audiens pun merasa senang. Sebab waktu yang mereka korbankan untuk mendengarkan Anda tidak sia-sia.
Mereka mendapatkan manfaat dari kehadirannya menyaksikan presentasi Anda.

3. Berdoa
Sebagai umat beragama, jangan pernah lupa untuk menyampaikan permohonan kepada Tuhan agar Anda dibantu.
Dikisahkan dalam kitab suci Nabi Musa pun berdoa agar dimudahkan dalam berbicara dan menyampaikan ajarannya agar kaumnya dapat memahaminya dengan baik.
Dengan berdoa, Anda menghubungkan diri Anda dengan penguasa alam semesta. Tidak ada yang luput dari pengaturannya.
Segala hal yang Anda persiapkan dengan matang, tidak akan ada artinya jika tidak mendapat izin-Nya.
Dengan berdoa, Anda menyerahkan segala ikhtiar yang sudah Anda persiapkan untuk selalu mendapat pertolongan.
Jika sudah demikian, apakah ada alasan buat Anda untuk tidak percaya diri?

4. Power Posing
Sikap tubuh membentuk siapa diri kita. Sikap tubuh yang salah menciptakan rasa negatif, tidak percaya diri, dan membuat Anda sulit tampil yang terbaik.
Sebaliknya sikap tubuh yang benar akan membantu Anda tampil percaya diri dengan seluruh energi positif. Dengan demikian, Anda pun bisa tampil dengan memukau.
Sikap tubuh yang baik akan mengurangi stress dan menghilangkan rasa gugup. Hal ini diteliti secara khusus oleh Amy Cuddy yang pernah menjelaskannya di forum TED.

5. Bernafas yang dalam
Ketika gugup, kita cenderung bernafas dengan cepat. Lewat cara ini, sirkulasi darah menjadi bergerak cepat dan jantung pun berdegup lebih kencang.
Kondisi seperti ini tak jarang membuat rasa percaya diri menurun apakah kita bisa menampilkan presentasi dengan baik nantinya.
Cara termudah mengatasi hal ini adalah dengan bernafas yang dalam.
Beberapa saat sebelum Anda tampil dalam sebuah presentasi, pejamkan mata dan tarik nafas dalam-dalam. Rasakan oksigen mengalir ke seluruh tubuh Anda. Lakukan hal ini beberapa kali. Tarik nafas dalam-dalam secara perlahan, tahan sejenak, dan lepaskan secara perlahan pula.
Dijamin, Anda akan merasa lebih segar, lebih tenang, dan kepercayaan diri pun meningkat.

6. Berlatih dan terus berlatih
Kepercayaan diri dalam presentasi akan berbanding lurus dengan persiapan dan latihan.
Semakin Anda mempersiapkan diri dengan baik, semakin besar stok rasa percaya diri Anda. Semakin Anda berlatih dari guru yang tepat, akan semakin tinggi pula kepercayaan diri Anda.
Latihan yang tepat diperlukan agar Anda sudah memiliki pengalaman awal bagaimana membawakan presentasi tertentu sebelum menampilkannya ke publik.
Gunakan waktu yang banyak dalam latihan untuk memilih kalimat pembuka yang baik dan penutup yang mudah diingat.
Latih vokal Anda sehingga suara terdengar jelas dan bersemangat.
Latih transisi antar slide sehingga Anda dapat menjelaskannya dengan mulus.
Jangan lupa untuk terus belajar presentasi dari sumber yang Anda percaya. Anda juga bisa berlatih dengan rekan-rekan yang sama-sama ingin meningkatkan keterampilan presentasinya.
Itulah 6 cara super yang dapat Anda lakukan untuk mengatasai rasa gugup dan meningkatkan kepercayaan diri dalam presentasi. Selamat Mencoba.

Salam sukses!

Previous
Next Post »