HATI-HATI! 10 JENIS SHOLAT INI TIDAK DITERIMA OLEH ALLAH SWT; no 1 dan 10 paling banyak dilakukan




RASULLULLAH saw bersabda: “Islam dibangun di atas lima hal, bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Nabi Muhammad saw adalah utusan Allah, menegakkan sholat...” (H.R Bukhori dan Muslim)
            Jelas, bahwa hadits di atas menunjukkan bahwa sebagai seorang Muslim kita diperintahkan dan diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat. Sholat adalah tiang agama, jika diibaratkan dengan rumah, sholat merupakan pilar-pilar penyangga atau dindingnya. Jika tidak kokoh, maka sudah pasti rumah itu akan roboh. Seperti halnya seorang Muslim, apabila sholatnya dijaga dengan baik, maka orang itu tentu telah menjaga agama Islam dengan baik pula.
            Seperti yang termaktub dalam hadits, nabi Muhammad saw bersabda: “Sholat adalah tiang agama (islam), barangsiapa mendirikannya maka sungguh ia telah mendirikan agama (islam) itu, dan barangsiapa merobohkannya, maka sungguh maka sungguh ia telah merobohkan agama (islam) itu.” (Baihaqi)
            Selain mendirikan sholat, kita sebagai seorang Muslim juga harus menjaga sholat agar diterima Allah swt. Seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut: "Barangsiapa yang memelihara sholat, maka sholat itu sebagai cahaya baginya, petunjuk dan jalan selamat dan barangsiapa yang tidak memelihara solat, maka sesungguhnya sholat itu tidak menjadi cahaya, dan tidak juga menjadi petunjuk dan jalan selamat baginya." (Tabyinul Mahaarim)
Lalu orang seperti apakah yang telah mendirikan sholat namun tidak diterima oleh Allah swt?
Rasulullah saw telah bersabda bahwa: "10 orang solatnya tidak diterima oleh Allah swt antaranya :
1.      Seorang lelaki yang sholat sendirian tanpa membaca sesuatu.
2.      Seorang lelaki yang mengerjakan sholat tetapi tidak mengeluarkan zakat.
3.      Seorang lelaki yang menjadi imam, padahal orang yang menjadi makmum membencinya.
4.      Seorang lelaki yang melarikan diri.
5.      Seorang lelaki yang minum arak tanpa mau meninggalkannya (Taubat).
6.      Seorang perempuan yang suaminya marah kepadanya.
7.      Seorang perempuan yang mengerjakan sholat tanpa memakai tudung.
8.      Imam atau pemimpin yang sombong dan zalim menganiaya.
9.      Orang-orang yang suka makan riba'.
10.  Seorang yang sholatnya tidak dapat menahannya dari melakukan perbuatan yang keji dan mungkar." (HR Bukhori dan Muslim)
            Sabda Rasulullah saw: "Barang siapa yang sholatnya itu tidak dapat menahannya dari melakukan perbuatan keji dan mungkar, maka sesungguhnya sholatnya itu hanya menambahkan kemurkaan Allah swt dan jauh dari-Nya."
            Selain itu, Hassan r.a berkata : Apabila sholatmu itu tidak dapat menahan kamu dari melakukan perbuatan mungkar dan keji, maka sesungguhnya kamu dianggap orang yang tidak mengerjakan solat. Dan pada hari kiamat nanti sholatmu itu akan dilemparkan semula ke arah mukamu seperti satu bungkusan kain tebal yang buruk."
            Sungguh merugi apabila kita termasuk salah satu di antara 10 orang yang telah disebutkan dalam hadits di atas. Mari kita bumikan untuk senantiasa menjaga sholat, agar sholat yang kita kerjakan tidak sia-sia dan mendapat ridho dari Allah swt.

Klik SHARE bila anda setuju dengan artikel ini.


Previous
Next Post »