Anda Ingin Keluarga yang Diberkahi Allah? Wajib Baca 5 Point Dahsyat Ini!

IKLAN
IKLAN



Siapa sih yang tidak menginginkan keluarga penuh dengan keberkahan dan keharmonisan? Pasti seratus persen semua orang yang berkeluarga menginginkan hal itu. Terlebih lagi memiliki keluarga yang penuh keridhoan Allah swt. Kebahagiaan dunia akhirat pasti akan di dapat.

Ini hal yang harus diketahui bahwa keluarga merupakan lembaga sosial yang sangat berperan dalam membangun keimanan kepada Allah swt. Keluargalah tempat pertama tumbuh dan berkembang anak. Oleh sebab itu, pantas jika keluarga dijadikan sebagai pondasi terkuat dalam membentuk karakter Islami seorang anak.

Dari keluarga inilah akan lahir bibit-bibit kaum beriman yang teguh  pada aturan dan pada akhirnya akan menyebarkan ajaran Islam ke seluruh pelosok negeri. Itu sebabnya, sebuah keluarga harus menjalani kehidupan rumah tangga dengan berlandaskan Al-Qur’an dan Hadist.
Tahukah anda? Ternyata keluarga yang demikian ini akan dilindungi oleh Allah swt. Selain itu, ternyata Allah juga akan memberikan keberkahan dan keridhoan dalam keluarga tersebut. Selain itu, Allah swt juga menunjukkan lima tanda keluarga yang diberkahi-Nya. Ingin tahu apa saja? Apakah keluarga anda masuk di dalamnya? Simak penjelasannya:

1. Allah Memberikan kepada Keluarga Anda Pemahaman dalam Agama
 
Tanda pertama yang sebuah keluarga diberkahi oleh Allah SWT adalah tiap-tiap anggota keluarga tersebut diberikan pemahaman mengenai agama oleh Allah. Contohnya orang tua yang mau mengaji, serta mengajarkan kepada anaknya. Kemudian hal ini diteruskan oleh anaknya, bahkan mungkin ia akan masuk pesantren agar ilmu agamanya bertambah luas.

Tidak hanya itu, orang-orang yang diberikan pemahaman agama akan rajin mengikuti majelis taklim, aktif dalam tarbiyah dan semua kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan. Mereka mencari segala cara agar bisa mendalami ilmu Islam sesuai syariat agar mendapatkan ridho dari Allah SWT.

2. Dalam Keluarga yang Muda Menghormati yang Tua
 
Tanda yang kedua yaitu kaum muda menghormati yang tua. Mungkin saat ini banyak dijumpai kasus anak yang tidak memiliki adab kepada orangtuanya. Istri yang tidak menghormati suaminya dan masih ada kasus lain yang sering dijumpai dala keluarga.

Padahal sebenarnya, di dalam sebuah keluarga rasa saling menghormati itu sangatlah penting. Terlebih lagi kaum muda yang menghormati orang yang lebih tua dibanding dirinya. Seharusnya anak hormat kepada orangtuanya, adik hormat kepada kakaknya, istri hormat kepada suaminya. Keluarga yang demikian ini akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

3. Penuh Kasih Sayang
 
Tanda keluarga yang mendapatkan keberkahan dari Allah selanjutnya adalah keluarga yang penuh dengan kasih sayang. Keluarga yang berlimpah kebaikan bukablah keluarga yang memiliki kekayaan secara materi.

Akan tetapi, mereka yang memiliki kebahagiaan karena di keluarga tersebut penuh dengan kasih sayang. Mungkin banyak dijumpai keluarga yang berlimpah harta tapi minim dengan kasih sayang. Bahkan di antara mereka saling tidak bertemu karena kesibukan masing-masing. Padahal tanda sebuah keluarga yang baik adalah banyaknya kasih sayang yang diberikan satu sama lain yang menjadi landasan interaksi dan lain sebagainya.

4. Pengeluaran Ekonomis
 
Allah memberikan tanda keberkahan kepada suatu keluarga yang mampu mengatur keuangan dengan baik. Kunci dalam mengatur keunangan itu ada dua hal yaitu: memperbesar pemasukan dan menghemat pengeluaran.

Mungkin banyak djumpai keluarga yang memiliki pemasukan besar akan tetapi masih gali lubang tutup lubang. Hal ini bisa saja disebabkan karena mereka sering mempergunakan uang untuk sesuatu yang tidak perlu dan terjebak dalam gaya hidup mewah.

Sebenarnya keluarga yang baik itu salah satu tandanya adalah pengeluarannya ekonomis. Keluarga yang demikian ini lebih berhemat untuk hal-hal yang bersifat konsumtif dan mementingkan amal maliyah seperti infaq dan sedekah.

5. Muhasabah dan Taubat Nasuha
 
Tanda Allah memberikan keberkahan kepada keluarga yang terakhir adalah musabah dan taubat nasuha. Seperti yang diketahui bahwa manusia itu merupakan makhluk yang tidak pernah luput dari dosa termasuk dalam kehidupan berkeluarga.

Ingat ada banyak dosa yang bisa tercipta dalam sebuah keluarga. Antara lain kesalahan orangtua kepada anaknya dan sebaliknya, istri kepada suami dan sebaliknya. Oleh sebab itu, jika mereka cepat menyadari kesalahan tersebut lalu bertaubat dan memperbaiki diri, itulah tanda keluarga yang diberkahi.

Akan tetapi, berbeda halnya jika masing-masing dari keluarga tersebut mengedepankan egonya. Tidak mau disalahkan dan tidak mau bertaubat kepada Allah, maka Allah akan tetap membiarkan mereka dalam dosa dan maksiat. Sungguh hal tersebut merupakan musibah besar.

Betapa Maha Mulianya Allah swt kepada hamba-Nya. Apakah keluarga anda sudah melakukan semua point di atas? Jika iya, maka keluarga Anda merupakan salah satu keluarga yang penuh dengan keberkahan. Jika sebaliknya, maka mulai sekarang tanamkan dan binalah keluarga anda, untuk senantiasa beriman kepada Allah swt dan menjadi keluarga muslim yang taat pada-Nya.

Salam Keberkahan!

Klik SHARE bila anda setuju dengan artikel ini

IKLAN
loading...
loading...